Rabu, 17 Juli 2013 - 0 komentar

Teknologi Baru untuk Meningkatkan Efisiensi Tenaga Matahari

Sebuah laporan penelitian terbaru yang diterbitkan dengan judul "Bersama-tuned plasmonic-excitonic photovoltaics menggunakan nanoshells," oleh University of Toronto, profesor teknik Ted Sargent dan tim peneliti mengklaim telah menemukan sebuah teknik untuk meningkatkan efisiensi sel solar.
Menurut makalah yang diterbitkan dalam jurnal Nano Letters, teknik ini melibatkan kerja koloid dot photovoltaics kuantum dalam sel solar.
Quantum dot photovoltaics ini sangat tidak kompeten dalam meraup energi dari gelombang inframerah matahari. Inframerah membuat setengah dari energi matahari yang mencapai Bumi. Oleh karena itu, penyerapan ini sangat penting untuk memaksimalkan efisiensi surya.
Untuk mencapai hal ini, kelompok penelitian memperkenalkan spektral tune, solusi-proses plasmonic nano-partikel. Partikel-partikel ini dikatakan untuk memberikan kontrol yang belum pernah terjadi sebelumnya atas propagasi cahaya dan penyerapan.
"Teknik baru yang dikembangkan oleh kelompok Ted Sargent ini menunjukkan kemungkinan peningkatan 35 persen dalam efisiensi teknologi di daerah dekat- spektral inframerah," wakil penulis Dr Susanna Thon menyatakan. "Secara keseluruhan, ini bisa menerjemahkan 11 persen peningkatan konversi efisiensi daya matahari, membuat quantum dot photovoltaics bahkan lebih menarik sebagai alternatif teknologi sel solar untuk saat ini."
"Ada dua keuntungan untuk titik-titik kuantum koloid," kata Thon. "Pertama, ini jauh lebih murah, sehingga mereka mengurangi biaya pembangkit listrik diukur dalam biaya per watt daya. Tetapi keuntungan utama adalah bahwa dengan hanya mengubah ukuran quantum dot, Anda dapat mengubah penyerapan cahaya spektrum. Mengubah ukuran sangat mudah, dan ini ukuran-tunability adalah properti bersama oleh bahan plasmonic: dengan mengubah ukuran partikel plasmonic, kami mampu melengkapi spektrum penyerapan dan hamburan dari dua kelas utama dari materila-nano".
Tim  ini mencapai peningkatan efisiensi melalui tempelan lapisan nano-emas. Karena emas bukan logam ekonomis, mereka melihat alternatif lain yang lebih murah.
Lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, Thon menambahkan. "Kami ingin mencapai optimasi lebih, dan kami juga tertarik untuk melirik logam yang lebih murah untuk membangun sel yang lebih baik. Kami juga ingin target yang lebih baik di mana foton diserap dalam sel - ini photovoltaics penting karena Anda ingin menyerap foton  seperti dapat dekat dengan muatan mengumpulkan elektroda sedapat mungkin ". (EpochTimes/sua)

sumber : ( http://erabaru.net/iptek/55-iptek/32699-teknologi-baru-untuk-meningkatkan-efisiensi-tenaga-matahari )

0 komentar:

Posting Komentar